Minggu, 29 Mei 2011

Cloud Computing

Sekarang Cloud Computing lagi "in". Sepotong kalimat yang saya baca saat sedang ber"selancar" di Internet. Sebenarnya Cloud Computing itu apa?

Cloud Computing bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, berarti komputasi awan. Cloud atau Awan disimbolkan sebagai Kumpulan jaringan dalam internet. Oleh karena itu media utama dari Cloud Computing adalah Internet. Namun sebernarnya Internet tidak mutlak juga harus ada, karena kita dapat membuat Private Cloud di jaringan lokal kita. Namun apabila ingin membuat sebuah Public Cloud, Internet mutlak ada.

Yang menarik dari Cloud Computing berbeda dengan server konvensional terutama
1. Secara fisik berupa kumpulan hardware / server yang tersambung dalam sebuah jaringan (LAN / WAN). Tetapi dari sisi, pengguna dapat melihat sebagai sebuah komputer besar.
2. Tidak ada batasan dengan kapasitas processor, kapasitas harddisk dan kapasitas memory.
3. Tidak ada batasan dengan berapa jumlah "hosting" server yang berjalan di belakangnya.
4. Menambahkan sebuah "hosting" hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
5. Jika ada kekurangan resource (sumber daya), baik itu processor, harddisk maupun memory, kita dapat dengan mudah sekali menambahkan server tambahan dan langsung dapat berintegrasi ke jaringan cloud. Butuh waktu sekitar 20 menit-an untuk menyiapkan server kosong / baru untuk dapat berintegrasi ke jaringan cloud.

Terdapat 6 keuntungan/manfaat dari penggunaan Cloud Computing:

1.Reduced Cost
Penggunaan teknologi cloud menghemat biaya dan lebih efisien dikarenakan menggunakan anggaran yang rendah untuk sumber daya dari sebuah organisasi dan juga membantu dalam menekan biaya operasi yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi dalam rangka meningkatkan reability dan kritikan system yang dibangun.

2.Increased Storage
Sebuah Organisasi yang menggunakan Teknologi Cloud Computing dapat menyimpan data lebih banyak dibandingkan pada private computer.

3.Highly Automated
Seorang developer tidak perlu khawatir terhadap software agar tetap up to date.

4.Flexibility
Cloud computing menawarkan lebih banyak lagi flexsibilitas dari metode computing yang lama dan dengan mudah dapat berorientasi pada profit dan perkembangan yang cepat berubah.

5.More Mobility
Organisasi yang mempunyai pegawai/pengguna dapat mengakses informasi dimanapun mereka berada. Cloud dapat membuat manejmen dan operasional lebih gampang karena system pribadi atau Organisasi yang terkoneksi dalam satu cloud sehingga dapat dengan mudah untuk memonitor dan mengaturnya.

6.Allows IT to Shift Focus
Sebuah organisasi tidak perlu lagi mengkhawatirkan server yang harus di update dan isu computing lainnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar